Galaxy S diprediksi akan membuat persaingan pasar ponsel makin panas

Samsung Galaxy S4 telah diluncurkan. Tentu saja, generasi terbaru Galaxy S ini diharapkan memboyong fitur yang lebih baik dari Galaxy S3, yang dinilai sukses di pasar. Selama ini, Samsung Galaxy S3 dikenal sebagai ponsel pintar berkemampuan dahsyat. Di beberapa fitur, perangkat ini bahkan mengangkangi iPhone 5. Misalnya, dari ukuran layar yang lebar, prosesor berkecepatan tinggi, dan beberapa aplikasi dalam berkomunikasi.

Kemunculan generasi keempat Galaxy S ini diprediksi akan membuat persaingan pasar ponsel pintar di AS semakin panas, karena banyak yang menduga, Samsung Galaxy S4 akan menjadi “predator” iPhone 5 di segmen profesional.

Namun, Samsung masih bungkam soal kecanggihan ponsel pintar anyarnya. Kondisi ini membuat banyak orang berspekulasi. Seperti diberitakan ada 10 fitur-fitur yang diharapkan muncul di Samsung Galaxy S4:

1. Ukuran layar yang lebih lebar dari Galaxy S3
Meskipun layar Galaxy S3 sudah cukup lebar, yakni 4,8 inci, sejumlah orang berharap Galaxy S4 muncul dengan layar lebih lebar lagi, yaitu 5 inci. Cukup masuk akal, mengingat Galaxy Note yang memiliki layar 5 inci mencatat penjualan yang sukses. Jika benar, maka Galaxy S4 akan memiliki layar lebih lebar dari iPhone 5.

2. Desain yang mirip dengan Galaxy S3
Jangan banyak berharap akan banyak perubahan desain di Galaxy S4. Samsung memiliki alasan sendiri dalam menentukan desain. Berbeda dengan Apple, yang selalu ada perubahan pada desainnya.

3. Kerapatan piksel paling besar
Menurut beberapa laporan, teknologi layar pada Galaxy S4 akan menambah kerapatan pikselnya. Digadang-gadang layar ponsel pintar Galaxy terbaru itu akan memiliki kepadatan 450 piksel per inci. Jika benar, maka Galaxy S4 akan menjadi ponsel dengan layar paling tajam dan detail di pasaran.

Dengan banyaknya piksel, teknologi layar Samsung telah melebihi Retina display pada iPhone 5. Pertempuran layar kedua perusahaan akan semakin sengit ke depan.

4. CPU dan GPU terbaru
Dari setiap produk baru ponsel pintar, konsumen tentu mengharapkan ada penambahan pada CPU dan GPU. Untungnya, Galaxy S4 telah memberikan penambahan kekuatan untuk kedua jeroan.

Berdasarkan rumor, Galaxy S4 akan menggunakan CPU Exynos 5 Octa paling baru dan GPU ditingkatkan menjadi delapan core. Sangat masuk akal, mengingat Galaxy S4 adalah flagship andalan Samsung.

5. Kontrol tanpa sentuh (touchless)
Ini yang paling menarik. Beberapa laporan mengindikasikan bahwa Samsung telah menandatangani kesepakatan dengan vendor Atmel untuk menggunakan pengendali MaXTouch-nya di perangkat Galaxy S4.

6. Mendukung jaringan 4G LTE
Samsung Galaxy S4 dipastikan mendukung jaringan 4G LTE dan konektivitas Wi-Fi. Pasalnya, semua ponsel pintar dewasa ini sudah mendukung jaringan 3G dan Wi-Fi, namun untuk sebuah produk kelas atas seharusnya sudah mendukung jaringan 4G LTE.

7. Penggunaan Gorilla Glass 2
Samsung dan Corning menjanjikan akan mengurangi dampak ketika ponsel terjatuh. Solusinya adalah dengan Gorilla Glass 2 yang mampu mengurangi goresan jika sebuah ponsel terjatuh. Gorilla Glass 2 mempunyai kaca yang 40 persen lebih pipih dari generasi pertama. Dampaknya, ketebalan ponsel pun bisa ditekan.

8. Mengurangi memori internal
Ini kejutan sekaligus bisa jadi keputusan keliru. Galaxy S4 diperkirakan hanya menggunakan memori 16 GB. Langkah ini adalah upaya perusahaan agar pengguna lebih dapat mengadopsi Cloud computing atau komputasi awan. Diramalkan, Cloud akan menjadi solusi layanan penyimpanan data yang marak mulai tahun ini.

9. Mengadopsi Android Jelly Bean
Di ajang Mobile World Congress 2013, Google tidak menyebutkan versi terbaru dari Android. Dipastikan Galaxy S4 akan menggunakan Android 4.2 (Jelly Bean). Tapi, jika dalam beberapa bulan Google mengumumkan versi terbaru, maka Galaxy S4 diperkirakan akan siap di-upgrade ke versi berikutnya.

10. Kamera lebih baik, Bluetooth 4.0, dan NFC
Menurut rumor, Galaxy S4 akan datang dengan dukungan Bluetooth 4.0, kamera berkemampuan 13 MP, kamera depan 2 MP, serta menggunakan teknologi NFC (near field communication).

Mungkin, pengguna cukup melayang-layangkan jarinya di atas layar, tanpa perlu menyentuh. Ini akan menjadi rumor sampai Samsung benar-benar merilisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.