Mengatasi Perasaan Insecure karena Pernah Diselingkuhi Kekasih

coupleKekasih saya pernah selingkuh di awal pacaran dan saya memutuskan untuk melanjutkan hubungan kami. Kekasih saya meninggalkan selingkuhannya atas kemauan dia sendiri bahkan jauh sebelum ketahuan selingkuh oleh saya. Saya mengetahui dia selingkuh setelah setahun dia meninggalkan selingkuhannya itu.

Tapi setelah mengetahui dia pernah selingkuh saya jadi sering merasa insecure dan posesif. Saya takut kalau kekasih saya ini akan selingkuh lagi di masa depan padahal kami sudah berjanji untuk melanjutkan hubungan ini ke jenjang pernikahan.
Apa yg harus saya lakukan mba agar saya bisa mempercayai kembali pasangan saya dan menghilangkan semua negative thinking yang selalu muncul di benak saya? Atas jawabannya saya ucapkan terimasih.

( Tika Ndaguna – 24 th )

Jawab:

Hi Tika,

Waspada dan berhati-hati agar pasangan tidak melakukan kesalahan yang sama sangat baik adanya, terlebih kalian memang berencana untuk menikah. Namun, dalam hubungan yang baik dan kunci langgengnya pernikahan juga harus ada komunikasi, kejujuran, serta rasa saling percaya. Kalau Nina sulit untuk percaya dengan pasangan rasanya sulit juga membuat hubungan Nina dengan pasangan langgeng untuk selamanya.

Cobalah bersikap jujur terhadap perasaan Nina saat ini. Komunikasikan kekhawatiran Nina terhadap pasangan. Lihat dan nilai dengan seksama bagaimana respon pasangan setelah mengetahui pemikiran dan perasaan Nina tersebut. Kalau menurut Nina pasangan mampu dengan sungguh-sungguh memperbaiki perilakunya dan tidak membohongi Nina lagi, maka Nina boleh belajar untuk lebih mempercayainya. Namun, kalau Nina masih sulit melakukan penilaian dan sulit untuk mempercayai dirinya, alangkah lebih baiknya kalau Nina melakukan konseling dengan konselor atau psikolog sebelum terjadinya pernikahan.

Ratih Ibrahim

Tagged with

Leave a Reply

Your email address will not be published.