Mobil nasional Madagaskar

karenjyMeski bukan negara kaya, Madagaskar ternyata sudah memiliki mobil nasional, dengan nama Karenjy.

Mobil ini dijual hanya untuk pasar domestik saja. Bentuk dan spesifikasi mobil ini masih sederhana, dan secara tidak langsung mengigatkan model mobil Toyota Kijang yang sempat merajai di Indonesia tahun 1975 – 1980.

Mobil Karenjy sebenarnya suda ada sejak tahun 1984. Hanya saja sempat mati suri selama 15 tahun, sebelum diproduksi lagi. Tentu saja teknologi yang ada masih merefleksikan teknologi jaman itu. Jangan pikirkan power window, airbag atau satnav karena fitur-fitur itu tidak teraplikasi di mobil ini. Penampilannya juga masih terkesan jadul untuk ukuran mobil sekarang.

Karenjy yang berarti ‘berjalan-jalan’ dalam bahasa Madagaskar, akhirnya pabriknya diambil alih pemerintah. Tapi, hal itu tidak mampu membuatnya berkembang. Pabriknya sudah usang sampai datang perusahaan Prancis Le Relais di 2008 yang mengambil alih dan melakukan perbaikan. Hanya saja belum terlihat perubahan revolusioner dari Karenjy.

Sementara Toyota Kijang ketika diluncurkan di Indonesia, langsung menggerus pasar Mistsubishi Colt. Generasi pertama Toyota Kijang menerapkan konsep pickup dengan bentuk kotak mendasar. Model ini sering dijuluki “Kijang Buaya” karena tutup kap mesinnya yang dapat dibuka sampai ke samping. Kijang generasi perdana ini diproduksi hingga pada tahun 1980.

Toyota Kijang lahir sebagai kendaraan dengan konsep Basic Utility Vehicle. Cocok sebagai kendaraan dengan konsep serba guna dan mudah untuk dirawat. Cocok untuk keluar masuk pedesaan yang kondisi jalannya masih jelek, sampai melaju di kota besar.

Toyota KijangRancangan awal kendaraan ini sangatlah sederhana. Kijang ini memiliki pintu yang seolah-olah ditempelkan begitu saja dengan badannya dengan engsel pintu yang mirip engsel pintu rumah.

Terlebih lagi pada saat itu, pintu mobil tidak dilengkapi kunci maupun alarm sebagai sistem keamanannya meski pada generasi selanjutnya yang sudah dimodifikasi.

Posisi pengemudi pada kijang ini terletak terlalu ketengah dengan tongkat perseneling untuk transmisi mesin yang sulit dijangkau. Mesin yang digunakan menggunakan mesin Toyota Corolla pada zamannya dengan tipe 3K berkapasitas 1200 cc dengan transmisi 4 percepatan. Selain keluar dengan tipe mobil bak terbuka (pick up), mobil kijang ini dimodifikasi menjadi mobil penumpang terutama dilakukan oleh perusahaan perusahaan karoseri mobil seperti halnya mobil mobil niaga pada masa itu dimana rancangan bodi tidak ditangani pabriknya langsung

Leave a Reply

Your email address will not be published.