Taksi Uber keren-mahal-ilegal, tapi mirip angkot

Taksi Uber dari luar negeri, di Jakarta dianggap ilegal, tak beda taksi gelap

Taksi Uber dari luar negeri, di Jakarta dianggap ilegal, tak beda taksi gelap

Taksi yang keren, pakai mobil hitam, tanpa pelat nomor kunung, tanpa lampu mahkota perusahaan taksi. Dalam armadanya ada Toyota Innova, Hyundai Sonata, dan Mercedes-Benz E-Class. Tapi baru lima hari beroperasi di Jakarta, menurut Liputan 6 (18/8/2014) taksi Uber sudah dilarang menggelinding karena tak berizin.

“Biar sistem pembayaran rental Uber melalui kartu kredit, tetap saja. Karena layanan Uber harus mengurus izin operasionalnya terlebih dahulu. Kalau dia (Uber) mau legal, harus dapat izin angkutan umum dulu,” ujar Muhammad Akbar, Kepala Dishub DKI Jakarta.

simulasi-taksi-uber-jakarta-mewah-keren

Mainan dangdut angkot

Uber. Nama yang dekat dengan dunia angkutan umum. Maka ada istilah “nguber setoran” di kalangan sopir. Salah satu stasiun dangdut di Ciledug, Banten, yakni MersiFM (Twitter: @mersifm939), dulu menyebar stiker besar untuk jendela belakang angkot: Uber Setoran. Itu nama acara interaktif yang hingga kini masih mengudara.

Tapi Uber yang taksi, diluncurkan Rabu 13/8/2014, di Jakarta, adalah produk premium (situsnya bilang “affordable luxury“) untuk orang yang membayar melebihi taksi biasa apalagi angkot. Sebelumnya Uber sudah meluncur di 44 negara – terbanyak di Amerika dan Kanada.

Memang bukan perusahaan taksi

Sebenarnya Uber bukan perusahan taksi, tapi penyedia layanan pemesanan taksi melalui aplikasi pada ponsel/tabet iOS dan Android.

Oleh pengelolanya, Uber diharapkan akan mengurangi kemecatan Jakarta karena pemilik mobil memarkir mobilnya di rumah, lalu memilih membayar Rp500 menit “dan atau” Rp2.850 per km. Kalau biaya banting pintunya (flag fall, basic rate) sih Rp7.000.

Siang ini (20/8/2014) Manajer Uber kawasan Asia, Mike Brown, menegaskannya kepada Kompas: pihaknya merupakan perusahaan penyedia teknologi penghubung antara masyarakat dengan perusahaan jasa penyedia angkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.