Era baru, sebuah transisi dari SBY ke Jokowi

sby jokowiIndonesia memasuki era baru. Sebuah tradisi politik baru akan dimulai malam ini, Rabu 27 Agustus di Nusa Dua, Bali. Joko Widodo yang terpilih menjadi Presiden baru akan menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk membicarakan transisi pemerintahan. Pertama dalam sejarah Indonesia, ada pertemuan antara presiden lama dan presiden penggantinya untuk membahas kesinambungan pemerintahan

Pada masa lalu, pergantian penguasa di Indonesia selalu diwarnai ketegangan, bahkan kekerasan dan kerusuhan. Akibatnya, antara presiden baru dan penduhulunya tidak terdapat komunikasi yang baik.

Saat peralihan Soekarno ke Soeharto, pergantian penguasa ditandai ketegangan politik, demontrasi besar, dan pembunuhan. Kondisi tidak nyaman juga terjadi ketika berlangsung peralihan kekuasaan dari Soeharto ke BJ Habibie (1998). Soeharto menganggap Habibie berkhianat dan menikam dari belakang. Sehingga sampai wafatnya, ia menolak ditemui oleh Habibie.

Demikian juga dari Habibie ke Abdurrahman Wahid (1999), dan Abdurrahman Wahid ke Megawati Soekarnoputri (2001). Ada perasaan tidak nyaman dan ‘ marah ‘ dalam tanda kutip dari yang digantikan. Sementara peralihan kekuasaan dari Megawati ke Yudhoyono, meski damai tetapi ditandai dengan kebuntuan komunikasi di antara mereka.

Dalam pertemuan ini. SYB akan menyampaikan hal-hal terkait dengan pembangunan selama 10 tahun terakhir, yang meliputi bidang politik, hukum, keamanan, kesejahteraan rakyat, serta hubungan internasional. Termasuk hal-hal yang telah dicapai, hal-hal yang sedang dilakukan, serta aspek-aspek perbaikan bagi kelancaran pemerintahan mendatang.
Dari team Jokowi – Transisi – yang akan menindaklanjuti pertemuan ini, juga akan menyampaikan usulan termasuk hal hal yang bisa dimasukan dalam RAPBN.

Semoga tradisi pertemuan antara presiden lama dan penggantinya dapat dilanjutkan pada masa-masa yang datang. Ada masa transisi. Jangan sampai kebuntuan komunikasi antara satu pemerintahan dan pemerintahan berikutnya

Pertemuan SBY

Leave a Reply

Your email address will not be published.