Jasmerah, Jashujan, dan dasi merah Jokowi

Jokowi dengan dasi merah dalam pelbagai kesempatan • Foto: kompilasi berbagai media

Jokowi dengan dasi merah dalam beberapa kesempatan dan Paspamres untuk Jokowi  • Foto: kompilasi dari berbagai media

Jasmerah, kita tahu, adalah akronim dari Bung Karno agar rakyat Indonesia “jangan sekali-kali meninggalkan sejarah”. Itu diucapkannya pada pidato HUT Proklamasi, 17 Agustus 1966.

Versi lain, masih menurut Wikipedia Indonesia, akroinim itu bukan dari Bung Karno melainkan dari Kesatuan Aksi yang kontra-Soekarno.

Manakah yang benar? Apapun jawabannya, sentum Jasmerah tetaplah Soekarno.

Lalu kita lompat ke 2014, saat Joko Widodo menjadi presiden terpilih. Relawan Jokowi-Kalla di Surabaya melontarkan Jashujan, Senin lalu (Merdeka, 25/8/2014).

“Artinya jangan sekali-kali hutang janji. Ini yang harus kita ingatkan kepada Jokowi,” kata Gatot Sutranta dari Partai Hanura.

Jas, sebagai awal akronim, juga berarti busana luar bagian atas (jacket). Kalau dipakai bersamaan dengan pantalon sebahan sewarna namanya setelan jas (suit).

Jokowi sebagai pejabat publik selama ini dikesankan jauh dari setelan jas. Kebetulan dia memang memilih outfit kemeja putih polos dan pantalon hitam. Ketika berkampanye sebagai calon gubernur DKI dia memakai kemeja kotak-kotak. Dalam kampanye capres, pendukung Jokowi-Kalla juga menjadikan kotak-kotak sebagai tema visual.

Padahal Jokowi juga mengenakan jas sesuai keperluan dress code. Tidak selalu namun sering, dia mengenakan setelan jas gelap dengan hem putih, dililiti dasi merah polos.

Nyatanya citra Jokowi memang bukan setelan jas. Karena itu Tempo memperolok Jokowi kalah rapi dibandingkan pengawalnya dari Paspampres. Tempo menampilkan foto pengawal dengan seteklan jas rapi berdasi merah. Pada 13/8/2014 lalu, Liputan 6 melaporkan pertemuan Jokowi dengan Menlu Korut di Jakarta. Jokowi berdasi merah. Sedangkan laporan Suara April lalu berupa sesi foto Jokowi yang berdasi merah.

Akankah kelak Jokowi selalu berdasi merah ketika mengenakan jas?

Leave a Reply

Your email address will not be published.