Biaya pelantikan DPR Rp23 juta/orang. Mahal atau wajar?

anggota_dpr_tidur_Fotor

Beritakabar.com | Biaya pelantikan anggota DPR 1 Oktober 2014 nanti adalah Rp16 miliar. Lalu orang pada ramai. Angka ancar-ancar itu benar.

Banyak amat? Itu untuk biaya perjalanan dan akomodasi plus konsumsi anggota DPR, MPR, dan DPD. Jumlah anggota DPR saja 560 orang, dan anggota DPD 132 orang; total mereka di MPR adalah 692 orang.

Jadi biaya pelantikan per orang anggota DPR/DPD Rp16 miliar : 692 = Rp23.121.387,28. Biaya itu juga hasil pukul rata, karena secara teoritis juga menanggung orang lain misalnya untuk para undangan dan acara lainnya. Honor untuk MC dan rohaniwan juga termasuk.

Harap maklum, biaya pesawat Garuda Timika-Jakarta-Timika saja bisa Rp8juta (tergantung waktu pemesanan). Kamar grandeur Hotel Mulia, kalau pakai harga agen Agoda, Rp2.895.000 (dari harga awal Rp6,8 juta)

Siapa yang menanggung? Negara, melalui pos anggaran di KPU karena pelantikan adalah bagian dari pemilu yang merupakan urusan KPU.

Apa saja tanggapannya? “Saya sebut pelantikan ini sebagai pesta berhura-hura. Ini jauh dari efisiensi. Masa untuk pelantikan DPR, DPD, dan MPR akan menghabiskan uang rakyat sebesar Rp16,1 miliar. Ini membuat rakyat makin menjerit saja,” kata Uchok Sky Khadafi, Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra).

“Itu belum termasuk dana yang dianggarkan di Sekretariat DPRD provinsi dan kabupaten/kota. Kalau semuanya dicatat, biaya pelantikan dewan di seluruh Indonesia bisa mencapai ratusan miliar rupiah,” kata Roy Salam dari Indonesia Budget Center (IBC).

Sumber a.l.: Detik, Media Indonesia, Pikiran Rakyat, Gatra

  1. Sangat mahal, sangat memalukan banyaknya anggota DPR yang absen dan banyaknya mereka tertidur pada waktu rapat. itu namanya makan gaji buta.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.