Curhat, Teritori Perempuan atau Laki-laki?

womenAda semacam kepercayaan yang berbau bias gender tentang kebiasaan curhat. Dipercaya bahwa perempuan lebih suka curhat daripada laki-laki, sedangkan laki-laki lebih suka menyimpan erat-erat perasaannya.

Hal ini tampak jika kita mengamati percakapan, menanyakan perasaan bagi perempuan adalah wajar sementara kaum Adam merasa bahwa topik tersebut bukan hal yang macho dan bisa melukai kelelakiannya.

Menurut penelitian Karen Brans dari University of Louvain di Belgia tentang sharing behavior, ternyata berbagi perasaan marah dan sedih mempunyai efek cukup positif. Ketika seseorang cerita mengapa dia marah, hal tersebut membuatnya mampu mengkontrol reaksinya dan marahnya jadi berkurang. Sedangkan jika yang dishare adalah perasaan sedihnya, bisa membantu membuatnya lebih cepat move-on.

Yang perlu digarisbawahi agar curhat tidak menjadi bumerang, perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Cek dulu temen curhat Anda, apakah dia mampu mendengarkan dengan bersungguh-sungguh (tidak sambil lalu dan disambi mengecek gadgetnya) dan mampu berempati atau bad listener yang sekadar kepo lalu menyebar gosip tentang curhatan Anda.
2. Jangan sampai curhat ke orang yang egois dan berpusat pada dirinya. Niat mau curhat malah berakhir Anda terpaksa mendengar kisahnya.
3. Cek track record teman curhat Anda, bagaimana reputasinya, apakah dia bisa dipercaya untuk menyimpan rahasia atau tidak.

Sekarang curhat juga mempunyai media baru, yaitu media sosial. Kalau yang satu ini, tidak perempuan tidak laki-laki, semua melakukannya. Jika laki-laki merasa malu dan tidak macho untuk curhat face to face dengan orang lain, ironisnya di media sosial malah banyak laki-laki yang menuliskan status berbau curhat, entah jujur dan sadar untuk curhat atau curhat colongan. Sayangnya belum ada penelitian dampak psikologis curhat di media sosial, walau begitu sebaiknya Anda tetap berhati-hati dan menjaga kesantunan tulisan jika tidak ingin tersandung masalah.

  1. Tks u/ tips ini. Nmr 3 itu gak gampang ya 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.