Perda miras belum berlaku di Manado

Ilustrasi • Foto: Wikimedia Commons

Ilustrasi • Foto: Wikimedia Commons

Sudah ada perda minuman keras di Sulut tapi belum berlaku karena sosialisasi butuh dana.

Beritakabar.com | Sebulan sudah provinsi Sulawesi Utara (tak hanya kota Manado seperti kata judul) memiliki Peraturan Daerah Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol. Tapi perda tersebut belum diberlakukan.

Kenapa belum berlaku? Karena belum ada surat keputusan gubernur. Menuju SK gubernur perlu konsultasi ke Kemendagri, kata Anggota DPRD Sulut Victor Mailangkay. Kapan dia mengatakannya tak jelas tapi publikasinya hari ini (5/9/2014). Dia dulu ketua pansus perda miras.

Apa lagi masalahnya? Kata Victor adalah sosialisasi agar masyarakat tahu perda itu. Tapi itu belum dilakukan oleh DPRD sekarang (hasil pemilu 2009-2014), dan kelak menjadi urusan DPRD hasil pemilu 2014. “Kegiatan sosialisasi tentu membutuhkan dana, (akan dianggarkan) di APBD,” kata Victor.

Siapa saja yang direpoti perda yang belum berlaku? Salah satunya polisi. Tidak bisa bergerak. Kapolda Sulut Brigjen Pol Jimmy Palmer Sinaga juga menyebut soal sosialiasi yang harus menunggu Kemendagri. ”Itu kan belum diundangkan di Jakarta,” ujarnya.

Sumber: Tribun Manado

Leave a Reply

Your email address will not be published.