Deadline rumah & mobil dinas kabinet SBY plus kecengengan

Mercedes Bens E400 Hybrid • Foto: motortrend.com

Mercedes Bens E400 Hybrid • Foto: motortrend.com

Bagus! Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memaklumatkan rumah dinas dan mobil dinas kabinet harus kembali dengan deadline 20 Oktober 2014.

Gitu kok dibilang bagus | Memang sewajarnya begitu. Tak perlu disebut “bagus” seperti pada awal tulisan. Itu seperti memuji orang berutang yang mencicil pelunasan sesuai perjanjian, padahal secara etika memang “sewajarnya” begitu. Kalau menyangkut hukum karena ada klausul wanprestasi maka disebut “seharusnya” – bila perlu ada upaya pemaksa.

Disebut bagus karena bisa menjadi contoh bagi rakyat. Selama pekan ini sejumlah berita menyampaikan bahwa anggota DPRD 2009-2014 tak mengembalikan mobil dinas. Misalnya di Kabupaten Tangerang (Banten), Meranti (Riau), Magelang (Jateng), Kotamobagu (Sulut) dan… DKI Jakarta!

Dengan sikon dan pandangan-jangkauan saat ini, mau tak mau teladan kepatutan dari atas itu perlu. Inventaris negara dibeli dengan duit rakyat. Pejabat publik hanya dipinjami. Kalau sudah selesai barang harus kembali.

Mobil kabinet Jokowi dan komunikasi | Akhirnya pengadaan mobil (Mercedes-Benz E400?) untuk kabinet Jokowi-Kalla senilai Rp92 miliar dihentikan. Niat baik SBY menyiapkan mobil dinas untuk kabinet Jokowi jadi blunder. Masalah ada di mana?

Niat baik boleh, tapi tim SBY kurang bijak. Start-nya memang kurang bijak, lalu komunikasi dari Setneg juga  jadi sulit. Seterbuka dan setransparan apapun pengadaan mobil, isunya terlanjur jadi bola panas.

Sebaiknya sejak awal urusan mobil dinas baru biar diurus oleh presiden baru – siapapun paketnya, bisa Jokowi-Kalla maupun Prabowo-Hatta.

Bahwa kelak mobil dinas baru untuk kabinet anyar mengundang kritik, biarlah itu jadi masalah presiden baru. Maka curcol SBY bahwa niat baiknya untuk Jokowi disalahartian – bahkan dipolitisir oleh banyak kalangan, sampai mirip adu domba – itu tidak tepat. Lebay.

Cengeng kok tidak selesai-selesai. Ora uwis uwis, kata wong Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.