Rakernas PDI Perjuangan IV Semarang Berjuang Untuk Kesejahteraan Rakyat

DSC_1807-550x300

Rakernas IV PDI Perjuangan Semarang

Semarang 19 September 2014 Rakernas IV yang diselenggarakan di Marina Convention Center Semarang menjadi hajatan besar yang dalam rangka konsolidasi terbesar antar seluruh jajaran elite politik dan kader kader partai untuk semakin memantapkan koordinasi untuk menatap peran baru yang akan disandang oleh seluruh team PDI Perjuangan untuk menyongsong tahun pemerintahan 2014-2019. Acara yang dilaksanakan tanggal 19-21 September 2014 ini diharapkan menjadi awal yang baik untuk memulai tahun pemerintahan Jokowi-JK.

Satu dekade ke belakang ini PDI Perjuangan mengambil peran sebagai partai oposisi diluar dinasti pemerintahan sebelumnya. Dalam Rakernas IV ini Megawati Soekarno Putri selaku ketua umum akan menyampaikan pidato kenegaraan untuk mempersiapkan seluruh elemen partai dalam rangka mendukung pemerintahan baru sebagai partai pemerintah.

Dengan terpilihnya Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, maka haluan politik partai akan berubah menjadi Partai Pemerintah. Selama 10 tahun PDI Perjuangan memegang teguh keputusan kongres untuk mengambil peran sebagai partai oposisi, dan sekarang adalah saat yang tepat untuk mendeklarasikan diri sebagai partai pemerintah. 2014 ini memang menjadi tahun yang luar biasa untuk seluruh jajaran PDI Perjuangan. Dimulai dari kemenangan dalam pemilu legislatif dan dilanjutkan dengan kesuksesan dalam pemilihan presiden semakin mengukuhkan partai berlambang banteng ini untuk bersiap menuju pemerintahan 2014-2019.

Secara institusional dengan kemenangan ini, seluruh elemen partai harus siap untuk terlibat untuk melaksanakan, mendukung dan mengawal seluruh kebijakan politik pembangunan yang diusung oleh pemerintah pusat. Rakernas ini tentu akan memberikan arti penting untuk menentukan langkah langkah strategis yang akan dilakukan menjelang pergantian kekuasaan. Seluruh kader diharapkan bisa memberikan dukungan terbaik untuk menyukseskan jalannya roda kepemimpinan Jokowi-JK 5 tahun kedepan.

Jalannya pemerintahan lima tahun kedepan tentu tidak akan mudah. Dukungan parlemen mutlak dibutuhkan untuk mengamankan jalannya seluruh kebijakan politik yang telah diputuskan. Untuk itu setiap keputusan juga diperlukan diskusi politik dengan partai politik diluar koalisi untuk memastikan bahwa kebijakan pro rakyat yang diusung oleh PDIP diharapkan akan mendapat dukungan signifikan dari parlemen. Dari sisi kebijakan politik pro rakyat yang diusung Presiden dan wakil presiden terpilih itu sendiri pada umumnya tidak terlalu muncul perbedaan yang signifikan antara kubu pemerintah dan kubu politik diluar pemerintah. Keduanya diharapkan akan bisa bersinergi untuk mendukung pemerintahan yang sukses.

Kontrol terbaik adalah dari masyarakat sebagai pemberi mandat secara langsung kepada jokowi-JK dan karenanya juga akan ada pengawasan secara langsung dari rakyat untuk memastikan roda pemerintahan dan kebijakan politik yang dibuat harus sesuai dengan janji janji politik yang disampaikan ketika kampanye. Selamat ber-Rakernas yang ke IV PDI P. Semoga selalu bisa mengemban harapan rakyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.