Puan Maharani : Seluruh Kader Harus Mawas Diri dan Jaga Harkat Martabat Partai

DSC_2022

Semarang, 20 September 2014. Sebuah sejarah politik terjadi pada hari kedua Rakernas IV PDI Perjuangan di Semarang. Seluruh anggota DPD dari 33 Provinsi di Indonesia secara aklamasi menyampaikan sebuah permohonan politik kepada Ketua Umum Megawati Soekarno Putri untuk sekali lagi mencalonkan diri kembali menjadi Ketua Umum untuk periode 2015-2020.

Permohonan ini adalah sebuah rekomendasi politik yang telah disepakati oleh seluruh DPD untuk dibawa pada Kongres PDI Perjuangan 2015 nanti. Pemilihan Ketua Umum ini yang akan dibawa dalam agenda yang akan dibahas dalam kongres. Berikut petikan wawancaranya.

“Bagaimana tadi hasil dengar pendapat dari masing masing DPD mbak?”

Iya, ini adalah sejarah baru yang terjadi dalam perjalanan PDI Perjuangan. Tadi dalam dengar pendapat dari masing masing DPD. Seluruh DPD sudah sepakat, dengan di wakili oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Bapak Heru Sudjatmiko melakukan permohonan politik untuk meminta Ibu Megawati sekali lagi maju menjadi calon ketua umum.

Apakah tidak ada kader lain yang sanggup maju untuk menjadi Ketua Umum? Dan tanggapan mbak Puan terhadap issue regenari di tubuh PDI Perjuangan?

Dari sisi regenerasi tidak ada masalah. Kader kader kita sudah oke dan siap. Sebagai contoh paling faktual yang ada, kita punya kader terbaik Pak Joko Widodo yang sebentar lagi akan dilantik menjadi Presiden.

Bagaimana pendapat Mbak Puan tentang sosok Ketua Umum?

Kita butuh sosok Ketua Umum yang selalu bisa menjadi tokoh yang menjadi perekat dan pemersatu dalam keragaman yang ada di partai. Kita punya tata cara dalam melakukan proses pemihan secara umum. Semua akan dilakukan dan diputuskan sesuai dengan mekanisme yang ada di partai.

Bagaimana mekanisme jalan pengambilan keputusan di partai?

Keputusan adalah hasil dari sebuah musyawarah mufakat dari berbagai pertimbangan dan rekomendasi yang ada. Ketika keputusan sudah diambil maka keputusan tersebut akan berlaku dari level teratas sampai dengan titik terbawah. Sebagai sebuah mandat dari atas yang dilaksanakan dengan semangat gotong royong.

Bagaimana dengan keputusan Rakernas ini?

Untuk hasil dari rakernas akan diumumkan nanti setelah selesai rakernas. Yang jelas kita sedang dalam proses menjalankan transisi masuk menjadi partai pemerintah. Kita akan mengawal proses jembatan emas ini dengan semangat kegotong royongan untuk kebaikan seluruh rakyat Indonesia.

Bagaimana langkah langkah ini bisa tetap dikawal dengan baik?

Ketua umum dan partai tentu saja punya haluan yang harus ditaati oleh semua pihak tidak hanya ketua umum saja. Hak prerogatif juga bisa digunakan jika memang diperlukan untuk menjaga kesatuan partai. Selalu ada dinamika dalam partai. Untuk hal hal lain akan dibahas dan diputuskan berikutnya.

Pendapat mbak Puan tentang kader yang terjerat masalah hukum?

PDI Perjuangan tentu saja akan mengambil langkah langkah tertentu untuk dalam hal ini. Untuk mereka yang memiliki masalah hukum tentu saja kita akan mengikuti seluruh proses hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Koalisi merah putih mengklaim mereka akan bersatu untuk melakukan konsolidasi sampai dengan tingkat DPRD. Menurut mbak Puan bagaimana?

Peta koalisi ini kan dinamis ya. Akan susah untuk melakukan hal itu dari pusat sampai dengan level daerah. Karena masing masing daerah kan punya tokoh dan kader masing masing. Dari faktor ini saja akan sulit karena karakteristik kader yang dimunculkan berbeda beda. Perbedaan yang terjadi saat pilpres jangan diplintir dan diasosiasikan bahwa seluruh level sampai daerah akan terjadi hal yang sama.

Pesan mbak Puan untuk semua kader PDI Perjuangan?

Kita sedang melakukan revolusi mental dalam semua aspek. 10 tahun pengalaman kita diluar pemerintahan mengajarkan kita untuk selalu mawas diri supaya tidak melakukan tindakan yang berpotensi melanggar hukum. Seluruh kader harus tetap solid dari awal sampai akhir. Kalau masih tidak memperhatikan hal ini ya keluar saja dari PDI Perjuangan.

Kabinet seperti apa yang akan disusun nantinya untuk mendukung pemerintahan?

Kita selalu sampaikan bahwa nanti seluruh elemen yang terlibat harus capable dan punya rekam jejek serta reputasi yang baik. Harus bisa menjaga harkat dan martabat diri dirinya dan juga partai. Kita akan kawal supaya mereka bekerja secara maksimal dan membantu untuk membuat pemerintah tetap bersih. Tidak ada teken menteken. Yang paling penting adalah berkompeten dan bersih. Membangun negara ini tidak mudah. Perlu saling menghargai satu sama lain dan tetap santun dalam berpolitik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.