Tentang akting dan trending topic

“ Sebagai Presiden, saya berat untuk tandatangani UU ( Pilkada ) ini karena merebut hak rakyat dan berpotensi konflik dengan produk hukum lain, spt UU Pemda – SBY “

Begitu bunyi kicauan Presiden SBY yang memicu kemarahan Netizen. Betapa tidak. Mereka menganggap SBY hanya bersandiwara. Pura pura mendukung Pilkada langsung, yang bahkan muncul dalam kanal Youtube, tetapi pada akhirnya membiarkan Partai Demokrat melenggang Walk Out meninggalkan sidang paripurna DPR.

Kemarahan publik mengalir deras dan muncul dalam tagar #ShameOnYouSBY yang menjadi trending topics belantara twitter dunia. Para tokoh selebriti, selebtwit sampai tokoh politik memberi dukungan terhadap hastag ini, membuat SBY yang sedang di Washington menjadi gerah.

TiffTernyata hastag #ShameOnYouSBY hilang semalam dari trending topics, sehingga timbul kecurigaan bahwa Pemerintah ‘ bermain ‘ dengan korporasi Twitter.

Walau sebenarnya trending topic itu muncul karena lonjakan tweet, emerging, seketika. Bukan dilihat dari jumlah volume kicauan yang konstan. Hal ini memang diantisipasi pihak twitter, kalau tidak trending topic hanya berkisar urusan Justin Bieber saja.

Walhasil Netizen merubah hastag #ShamedByYou yang juga bisa menembus jajaran trending topic.
Problemnya tidak sesederhana itu, ketika Menteri Tiffatul mengeluarkan jurus ancaman yang halus. Menutup twitter ? Apakah dia terganggu karena bossnya diserang oleh Netizen ?

Aktivis Netizen @ReneCC menyebut itu sebagai ‘ Insting pejabat kita saat kesulitan adalah mengelak atau membungkam. Ini alasan mereka tidak dipercaya ‘
Apakah Pak Menteri serius mau menutup kanal twitter atau hanya acting seperti bossnya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.