Selamat tinggal tanda tangan untuk kartu kredit

Ilustrasi: credit card (CC) • Foto: Urbantastebuds

Ilustrasi: credit card (CC) • Foto: Urbantastebuds

Demi keamanan. Tanda tangan tak berlaku lagi, pemilik kartu kredit harus tekan PIN seperti kartu debet.

Beritakabar.com | Paling lambat 31 Desember 2014 semua kartu kredit keluaran Indonesia harus sudah dilengkapi PIN enam digit. Demikian dikatakan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas, Rabu (1/9/2014).

Kenapa pakai cara tidak praktis? Karena demi pengamanan. Dulu dengan cara menggesek analog pakai karbon ternyata memperlama transaksi dan tidak aman. Lalu dengan pembacaan pita magnetik, kemudian ditambahi chip, tapi ternyata juga belum sepenuhnya aman. Supaya lebih aman ditambahi PIN.

Jadi harus tanda tangan setruk lalu tekan PIN? Tidak. Cukup tekan PIN saja untuk verifikasi dan autentikasi transaksi kartu kredit dalam negeri. Untuk kartu luar negeri masih pakai tanda tangan.

Memangnya PIN lebih aman? Diasumsikan begitu karena yang tahu kombinasi enam digit (dan penggantian PIN-nya) hanya pemilik kartu. Kalau tanda tangan mudah ditiru/dipalsukan.

Berlaku mulai kapan? Resmi diberlakukan saat tahun baru, 1 Januari 2015.

Bagaimana bisnis kartu kredit di Indonesia? Sampai Juli 2014 ada sekitar 15,5 juta kartu. Secara umum pertumbuhan kartu dari ke tahun naik terus, demikian pula transaksinya. Memang jumlah transaksi Juli 2014 (sekiyar 21 juta transaksi) lebih rendah dari Juli 2013.

Rujukan: Kontan, Asosiasi Kartu Kredit Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.