2015 seluruh gerbang tol wajib etoll–pass

Ilustrasi: gerbang tol • Foto: VivaNews.com (tanpa ijin)

Ilustrasi: gerbang tol • Foto: VivaNews.com (tanpa ijin)

Sabarlah. Ternyata baru wacana. Belum ada keputusan bahwa transaksi tunai di loket tol Jasa Marga akan dihapus. Tak mudah kalau mau total e-toll-pass.

Beritakabar.com | PT Jasa Marga Tbk diberitakan akan meng-e-toll-pass-kan seluruh gerbang tol pada 2015. Sebetulnya baru wacana direktur utamanya, Adityawarman (Jumat, 3.10/2014).

Kenapa disebut wacana? Karena baru lontaran ide, kalau transaksi tunai bisa dihapus pasti pelayanan loket tol akan lebih cepat.

Apakah mungkin semua gerbang diganti? Kalau soal mungkin maka semuanya mungkin diubah jadi wajib e-pass. Tapi apakah akan mengurangi kemacetan secara signifikan, Adityawarman sendiri tak yakin, terutama untuk gerbang yang padat dan macet. Misalnya Cililitan (Jakarta) dan Pondokranji (Tangerang Selatan, Banten).

Bagaimana dengan On Board Unit (OBU)? Belum jelas apakah alat berisi “pulsa” yang dipasang di mobil ini akan dihapus atau diganti. Adityawarman juga masih bingung. “Terpikir sepintas, yang sudah punya OBU, saya akan ganti gratis, asalkan dia memiliki OBU,” katanya.

Baguskah prospek e-toll? Jelas. Karena ini duit yang disetor di muka oleh konsumen, seperti pulsa prabayar. Peminatnya bukan hanya lembaga keuangan tapi juga operator telekomunikasi, misalnya Indosat dan XL (untuk e-money). Sejak Dua tahun lalu XL sudah investarsi US$ 2 juta dan terus menambah.

Dari berbagai sumber a.l.: Kompas, Kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published.