Ini Dia Enam Penyebab Perempuan Benci Sesamanya

catfightIdiom cat fight diartikan sebagai pertengkaran antar perempuan, baik secara fisik maupun non fisik. Kalau fisik, bentuknya seperti menjambak, mencakar, dsb. Sedangkan non fisik, bisa saling melemparkan sindiran, cacian, hingga ancaman. Apa sih yang menyebabkan perempuan membenci sesamanya sampai terjadi catfight?

1. Merasa kalah dalam hal penampilan, misal kalah cantik/seksi
2. Kalah populer di kalangan pria
3. Kalah sukses terutama dalam hal materi
4. Bersaing memperebutkan perhatian dan cinta pria yang disukai
5. Office politics
6. Berbeda gaya pengasuhan anak/bersaing siapa yang mempunyai gaya pengasuhan lebih baik

Kalau melihat daftar tersebut, timbul pertanyaan mengapa faktor cerdas tidak menjadi penyebab catfight. Kemungkinan karena lingkungan patriarkhal yang lebih menghargai perempuan dari segi fisiknya, bukan kecerdasannya. Dari sudut pandang psikologi evolusi, kebencian antar perempuan terkait dengan woman rivalry atau persaingan. Adalah hal alamiah ketika setiap makhluk hidup ingin melestarikan gennya dengan mendapatkan keturunan. Karena itu ‘bersaing’ mendapatkan perhatian dari lawan jenisnya supaya dikawini merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Tentu saja pada manusia tidak sesimpel itu, lebih sophisticated. Di sisi lain, pakar psikologi sosial berpendapat bahwa kebencian perempuan terhadap sesamanya merupakan perilaku yang dipelajari, terutama jika ia tumbuh di lingkungan yang kompetitif.

  1. Mba Medina kalo adu pamer sama sindir halus di media sosial termasuk yang mana? Maksudnya kadang bikin status di FB sama Path dan Twitter supaya “pihak tertentu” panas tapi nama si “pihak tertentu” gak dimention? Cowok2 pst juga pernah tuh lagi hangout diluar gitu terus ada cewek yang segera upload selfie sambil bilang “biar si x panas…”
    Emang apa benefitnya bikin hati orang panas? #gagalpaham

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.