Variasi Bahan Pangan Non Beras

umbiNasi disebut-sebut sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia. Bahkan saking mendalamnya doktrin menancap di benak, banyak orang yang merasa belum makan/belum kenyang kalau belum melahap nasi, padahal sudah makan roti, pasta, dsb. Sebenarnya sumber karbohidrat tidak cuma beras/nasi lho. Di berbagai daerah di Indonesia sumber karbohidrat ada yang berupa jagung, sagu, ubi, singkong, dll. Akibat beras-isasi yang menyebar ke seluruh pelosok Indonesia, berbagai varietas umbi makin sulit dijumpai, seperti uwi, gembili, sukun, gadung, dll.
Tingginya ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap beras sebenarnya berdampak kurang bagus. Hingga kini pemerintah sulit mencapai swasembada beras, apalagi lahan persawahan makin berkurang dipakai untuk perumahan. Untuk memenuhi konsumsi beras, pemerintah harus mengimpor beras. Selain itu dari sisi kesehatan, tingginya konsumsi beras/nasi putih ditengarai berhubungan dengan diabetes. Dari berbagai alasan diatas, mengapa kita tidak mencoba diversifikasi pangan non beras.

Sumber karbohidrat seperti singkong dan umbi-umbian selama ini jarang dilirik karena identik dengan kampungan/kurang mentereng. Kreativitas warga mendorong olahan umbi/singkong yang lebih modern sehingga bisa diterima berbagai kalangan. Kini muncul berbagai olahan berbahan baku singkong/ubi seperti di Jogja dengan brownies telo/singkong, bakpia ubi ungu, egg roll ubi ungu, serta mie lethek dan mie pentil dari singkong. Di Bogor muncul wirausahawan yang memetik laba cukup besar berkat olahan talas ungu dijadikan lapis/bolu. Produk ini ternyata mendapat sambutan hangat dari wisatawan, hingga kini laris manis diserbu.
Masih banyak sumber karbohidrat non beras yang menanti olahan tangan-tangan kreatif, seperti sukun, talas, gandung, tiwul dsb. Kalau selama ini paling dibumbui bawang putih dan digoreng atau dikukus, siapa tahu ada yang bisa mengolah menjadi kroket, pancake, red velvet cake, dsb.

  1. Supaya mentereng mbak, sebaiknya singkong dan teman-temannya itu dijual lbh mahal drpd beras

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.