Empat calon menteri yang bermasalah

Jokowi menerima Rini Soemarno dan Hasto Kristyanto di halaman istana, Selasa (21/10/2014) • Foto: Kompas

Jokowi menerima Rini Soemarno dan Hasto Kristyanto di halaman istana, Selasa (21/10/2014) • Foto: Kompas

Sejumlah orang tak dinyatakan bersih oleh KPK dan PPATK. Kalau catatan treknya kotor bisa menjadi bumerang bagi Jokowi.

Beritakabar.com | Pagi tadi tamu pertama Jokowi di istana adalah mantan Ketua Tim Transisi Rini Soemarno dan mantan Deputi Tim Transisi Hasto Kristyanto, orang dari lingkar dalam. Mereka ngobrol serius. Adakah hubungannya dengan susunan kabinet? Tak ada yang tahu.

Memangnya tak semua calon bersih? Ya. Minggu malam (19/10/2014) Jokowi membatalkan beberapa acara supaya bisa rapat di KPK. Ternyata daftar yang dia sodorkan bermuatan catatan, tak hanya dari KPK (minimal pernah diperiksa) namun juga PPATK (terkait dengan rekening).

Siapa saja orangnya? Sejauh ini yang dapat dicocokkan dengan data publik ada empat orang, yakni Rini Soemarno, Teras Narang, Muhaimin Iskandar, dan Richard Leno.

Rini Soemarno? Calon Menteri Perdagangan dna Perindustrian. Dulu bernama Rini Soemarno Suwandi lalu nama belakang hilang setelah bercerai. Dia profesional, bekas CEO Astra International dan Menperindag zaman Megawati (2001-2004). Orang kepercayan Mega.

Kasus: penerbitan surat lunas BLBI 25 Juni 2013. Dia diperiksa oleh KPK. BLBI adalah bantuan saat krsmon untuk para konglomerat.

Agustin Teras Narang? Calon Menteri Dalam Nageri. Dia politikus PDIP, pernah di DPR (dikenal jujur) dan kemudian jadi Gubernur Kalteng.

Kasus: cek Rp2 miliar dan transfer Rp2,1 miliar dari PT Kapuas Prima Coal. Dia berdalih itu uang kakaknya.

Muhaimin Iskandar? Calon Menteri PembangunanManusia dan Sosial Budaya. Megawati memanggilnya Min atau Si Imin, karena dia dan Safullah Yusuf adalah keponakan yang oleh pamannya, Gus Dur, dititipkan kepada Mega untu dimomong soal politik. Sekarang Ketua PKB dan Menaker.

Kasus: pernah diperiksa KPK kasus suap di Kemenaker. Imin disebut oleh terdakwa terima Rp2 miliar.

Rihard J. Lino? Calon Menteri Maritim. Dirut PT Pelindo II yang terkenal dengan megaproyek New Priok. Dikenal sebagai profesional yang inovatif dan tegas.

Kasus: pernah diperiksa KPK berkaitan dengan kasus korupsi di Pelindo, 2014

Tentu siapapun yang pernah diperiksa KPK tak berarti bersalah atau calon tersangka. Bisa juga sebagai saksi dari pihak yang dirugikan.

Dari berbagai sumber, a.l.:  Tribun News

Leave a Reply

Your email address will not be published.