Yuk, Menjelajah Nusantara dengan Mencicipi Variasi Menu Nasi

PhotoGrid_1414215685833Menu nasi adalah menu yang bisa dijumpai di semua daerah di Indonesia, bahkan di daerah yang makanan pokoknya (dahulu) sagu atau jagung. Kalau diperhatikan ada begitu banyak sajian kuliner dengan nasi dari berbagai daerah dengan kekhasan masing-masing. Sebut saja nasi kuning, nasi timbel, nasi jenggo, nasi jagung, nasi jamblang, nasi uduk, sego megono, nasi bogana, nasi liwet, nasi langgi, nasi krawu, nasi ulam, nasi gandul, nasi boranan, nasi lengko, nasi balap puyung, nasi benjak, sego tempong, nasi kucing, nasi tumpeng, sego wiwit, dll. Saking banyaknya mungkin ada yang belum pernah mencoba atau sajian tersebut belum populer ke tingkat nasional.

Sajian nasi khas daerah yang disebutkan diatas ada yang biasa disantap sebagai menu sarapan, lainnya bisa didapatkan untuk menu makan malam. Ada juga yang merupakan sajian tradisi alias hanya bisa disajikan di saat-saat tertentu sebagai bentuk syukuran seperti nasi tumpeng dan sego wiwit.

Beberapa menu nasi menjadi khas karena jenis lauknya juga khas daerah tersebut. Misal yang menjadi ciri khas nasi krawu adalah adanya serundeng, sedangkan nasi boranan yang menjadi ciri khasnya yaitu nasi beserta lauknya disajikan dengan empuk, pletuk, dan ikan sili. Tetapi ada juga beberapa menu nasi yang hampir mirip antara daerah satu dan daerah lainnya, misal nasi uduk, nasi ulam, nasi langgi. Ketiganya hampir mirip dari jenis lauk pauknya dan nasinya semua berupa beras yang dimasak dengan santan sehingga bercita rasa gurih. Ada juga menu nasi yang khas karena warnanya, seperti nasi kuning dan nasi kerabu. Warna kuning pada nasi kuning didapat dari kunyit, sedangkan warna biru pada nasi kerabu didapat dari bunga telang dan konon sudah ada sejak abad 19 tertulis di serat Centhini.

Setelah mengetahui betapa kaya varian menu nasi Nusantara, jika Anda sedang traveling ke daerah tak ada salahnya bertanya ke warga setempat adakah menu nasi yang khas daerah tersebut. Siapa tahu Anda menemukan kejutan menyenangkan mencicipi nasi boranan asal Lamongan atau nasi balap puyung asal Lombok yang belum dikenal meluas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.