65% saham Blue Bird diborong asing

Saham perusaahan taksi PT Blue Bird Tbk (BIRD) diborong investor asing. Bisnis taksi masih menggiurkan. BIRD ancaman bagi taksi daerah?

Blue Bird telah melantai di bursa mulai 5/11/2014 • Foto: Tempo

Blue Bird telah melantai di bursa mulai 5/11/2014 • Foto: Tempo

Beritakabar.com | Hari ini (4/11/2014) adalah pencatatan saham perdana (listing) BIRD di Bursa Efek Indonesia. Hari pertama listed sudah bawa hoki.

Meraup Rp2,45 T. BIRD menerbitkan 376,5 juta saham dengan harga Rp6.500 per saham. Laku, perseroan meraup duit segar Rp2,45 triliun. “Porsi asing cukup besar, sekitar 60% hingga 65% saham diserap asing,” kata Direktur Keuangan BIRD Robert Rerimasie.

Siap menangguk bagian dari Rp12,9 T. Sigit Priawan Djokosoetono, Direktur Pengembangan Bisnis Blue Bird, mengutip Euromonitor, pangsa pasar penumpang taksi di Indonesia sampai 2016 akan memberikan pendapatan Rp12,9 triliun bagi perusahaan taksi.

Asing masuk dari IPO. Tentu saja initial public offering dan safari (road show) menentukan. BIRD mengincar Jakarta, Kuala Lumpur, Singapura, Hongkong, London, New York, dan Boston. Penjaminnya adalah PT Credit Suisse Securities Indonesia, PT Danareksa Sekuritas, dan PT UBS Securities Indonesia.

Blue Bird bukan anak kemarin sore. Perusahaan keluarga pimpinan Mutiara Fatimah Djokosoetono ini merangkak sejak 1965 dengan sedan keluarga tanpa argometer. Terpaksa dilakukan karena kepala keluarga, ahli hukum Prof. Djokosoetono, wafat. Pada 1972 Bu Djokosoetono mendapatkan izin dari Gubernur DKI Ali Sadikin untuk bikin perusahaan taksi. Saat ini BIRD punya 13.353 mobil di Jadetabek (tanpa Bogor) dan 3.717 mobil di 12 kota besar lain di Indonesia. Tahun depan akan bertambah 7.500 mobil.

Ekspansi dianggap ancaman bagi pemain daerah. Di sejumlah kota masuknya Blue Bird mengusik pemain lokal. Dulu di Bandung, Jabar, ada penentangan kerasa dari armada lokal. Tahun laludi Padang, Sumbar, ratusan sopir taksi lokal menuntut penutupan Blue Bird kepada Gubenrnur Sumbar Irwan Prayitno. Setahun sebelumnya Blue Bird didemo di Batam sehingga Pemkot mencabut izin perusahaan itu.

| Dari berbagai sumber a.l.: CNN, Kontan, Singgalang, RepublikaBlue Bird

Leave a Reply

Your email address will not be published.