Perusahaan perumahan pada bikin RS mewah

Rumah sakit itu bisnis. Langkah blak-blakan dimulai RS Pondok Indah (Jakarta, 1986), milik PT bukan yayasan. Kini developer berlomba.

RS Pondok Indah di Puri Indah, Kembangan, Jakbar • Foto: RSPI

RS Pondok Indah di Puri Indah, Kembangan, Jakbar • Foto: RSPI

Beritakabar.com | PT Intiland Development Tbk (dulu Dharmala Group) mau bikin rumah sakit. Namanya National Hospital, di Surabaya, Jatim. Langkah pengembang ini menyusul pemain lama dalam properti, misalnya Lippo Karawaci, Ciputra Group, dan Sinar Mas Land Group.

Profit, itu jelas. RS seperti perusahaan jasa lainnya, semisal hotel. Dulu PT Binara Guna Mediktama membuaat RS Pondok Indah dengan niat bisnis, tepatnya profit. Dua belas tahun kemudian perusahaan itu bikin RS di Puri Indah, Jakarta Barat.

Layanan kesehatan adalah gaya hidup. Namanya juga bisnis, maka bungkus itu perlu. Dalam ungkapan Rudy Surjanto, CEO PT Surabaya Jasa Medika, mesin bisnis PT Intiland Development Tbk di sektor kesehatan, rumah sakit bukan hanya soal kesehatan tapi juga kebugaran dan kecantikan, pokoknya gaya hidup.

Sayap bisnis kesehatan. Bisnis RS bukan hanya di Jawa. PT Ciputra Mitra Medika, sedang membangun rumah sakit ketiganya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Namanya Ciputra Mitra Hospital. Lalu PT Lippo Karawaci Tbk sedang menyiapkan Siloam Hospital, di Bandung, Jawa Barat. Ini RS ke-22 milik Lippo. Investasi awal senilai Rp400 miliar.

| Dari berbagai sumber a.l.: Kompas, Kontan, RS Pondok Inah, Intiland

Leave a Reply

Your email address will not be published.