Penelitian Membuktikan Bahwa Lelaki Lebih Bersedia Membantu Perempuan Seksi

tina-fey-nerd-hot-2

Nicholas Gueguen dari University of Bretagne meneliti tentang helping behavior atau prosocial behavior kaitannya dengan jenis sepatu dan dimuat jurnal sexual behavior. Dari beberapa eksperimen yang dilakukan Nicholas Gueguen, ternyata lelaki lebih bersedia dan lebih cepat membantu perempuan bersepatu high heels dibandingkan dengan perempuan yang memakai sepatu flat. Dari penelitian tersebut terungkap 83% lelaki berusia 25-50 tahun lebih helpful terhadap perempuan bersepatu hak tinggi, dan hanya 47% pria bersikap helpful terhadap perempuan dengan flat shoes. Ketika eksperimen yang sama dilakukan terhadap perempuan, pada perempuan tidak ada perbedaan signifikan jika menyangkut sepatu high heels atau flat shoes.

Menurut Gueguen, hal ini menunjukkan bahwa sepatu high heels berkorelasi dengan keseksian dan kesimpulannya lelaki lebih bersikap helpful terhadap perempuan yang tampak seksi/lebih menarik secara penampilan. Hal ini tidak mengejutkan, beberapa penelitian terkait perilaku prososial mengungkapkan bahwa perempuan/lelaki yang tampil menarik lebih mudah mendapatkan pertolongan daripada yang tidak. Definisi seksi dan menarik sendiri berbeda-beda, kalau di Barat, definisi menarik dan seksi salah satunya adalah berambut pirang. Dari penelitian juga terungkap bahwa perempuan berambut pirang lebih cepat mendapat ajakan kencan daripada perempuan berambut coklat.

Mengapa masyarakat (khususnya lelaki) lebih tertarik membantu individu yang penampilannya menarik/seksi/atraktif, hal ini dijelaskan
salah satunya oleh Donald Francis Sacco yang meneliti tentang prilaku prososial dan bentuk wajah menarik atau tidak dan hubungannya dengan persepsi. Ada semacam stereotype yang dipercaya masyarakat bahwa wajah menarik dipersepsikan mempunyai trait/kepribadian positif, seperti rajin, lebih bisa dipercaya, hangat, ramah, dsb. Mengapa bisa begitu, tampaknya sangat tidak adil terutama bagi mereka yang tidak dikaruniai penampilan menarik.

Manusia adalah makhluk ultra sosial. Manusia belajar sejak jaman prasejarah bahwa dengan berkelompok dan saling membantu bisa meningkatkan kesuksesan mereka untuk survive. Karena itu secara alami orang lebih tertarik bergabung dengan individu yang dinilai lebih ringan tangan membantu orang, ramah, hangat, dan mudah bekerja sama. Individu yang secara fisik menarik, dipersepsikan mempunyai karakter positif seperti yang disebutkan sebelumnya.

Jika Anda merasa diri kurang menarik dan tidak cantik setelah membaca artikel ini, tidak usah putus asa. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat diri tampil menarik, seperti salah satunya memakai high heels. Walaupun secara kesehatan memang kurang menguntungkan, high heels mampu membuat kaki pemakainya tampak jenjang dan seksi seketika. Selain itu tampil bersih, wangi, bermake up walau sederhana menunjukkan Anda menghargai diri sendiri dan tentu saja lebih menarik di mata orang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.