Trend Diet 2014 Gluten Free, Betulkah Sehat dan Mampu Menurunkan Berat Badan?

gluten freeTidak cuma fashion, diet pun mengenal trend. Jika beberapa waktu lalu sempat trend diet ala salah satu artis, lalu diet detoks dengan infused water, sekarang yang sedang marak di Amerika dan diikuti salah satunya Indonesia adalah diet gluten free. Diet gluten free adalah menghindari segala jenis makanan yang mengandung gluten, yaitu sejenis protein yang dihasilkan dari pati tepung/gandum. Sejak selebritis seperti Miley Cyrus mengklaim ia diet bebas gluten untuk menurunkan berat badan dan klaim pseudo-ilmiah bahwa produk gluten free lebih sehat, trend ini makin menjamur tak terkecuali di Indonesia.

Menurut survey, belanja produk gluten free di Amerika dihitung sejak 2012 naik hingga 60%. Padahal tak semua orang membutuhkan diet gluten free, hanya mereka penderita celiac /intoleransi gluten yang diharuskan mengkonsumsi produk bebas gluten. Karena jika penderita celiac ini mengkonsumsi gluten, mereka akan mengalami kembung hingga sakit perut yang cukup parah. Selebihnya, mereka yang menjalani diet bebas gluten ini termakan mitos bahwa mengkonsumsi produk bebas gluten dapat menurunkan berat badan dan lebih menyehatkan. Betulkah demikian?

Menurut pendapat medis dan ahli gizi, mitos tersebut salah. Kita tidak perlu menjauhi makanan mengandung gluten. Malah dengan mengkonsumsi produk bebas gluten secara membabi buta tanpa konsultasi dengan ahli gizi bisa berdampak kurang baik untuk kesehatan. Selain bisa kekurangan nutrisi yang sebenarnya dibutuhkan, mengkonsumsi produk bebas gluten ternyata malah membuat gula darah naik cukup drastis dibanding mengkonsumsi produk yang mengandung gluten. Karena umumnya produk bebas gluten justru kandungan glikemiks indeksnya cukup tinggi. Selain itu, tepung bebas gluten umumnya rendah serat dibanding tepung mengandung gluten dan tidak diperkaya dengan vitamin B.

Bagi kita yang tinggal di Indonesia, mereka yang menganut trend diet gluten free ini bisa dikategorikan lebih ke fashionable foods daripada alasan kesehatan. Karena rata-rata produk gluten free ini sebagian besar berbahan baku impor atau secara harga cukup tinggi. Padahal sebenarnya sudah sejak dari dulu masyarakat Indonesia akrab dengan makanan bebas gluten. Berbagai jajan pasar dan kue tradisional Indonesia rata-rata berbahan tepung beras, tepung ketan, sukun, singkong, ubi, dkk. Selain itu juga dairy free karena menggunakan santan daripada susu.

Kesimpulannya, tidak perlu buru-buru ikut trend diet gluten free dengan alasan kesehatan atau menurunkan berat badan. Jika memang menyukai produk gluten free maka kue tradisional Indonesia kaya dengan pilihan dan kelebihannya bisa mengangkat kembali pamor singkong, jagung, ubi, uwi, sukun dan lain-lain.

 

  1. Fashionable foods. Repot amat yak! 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.