Trend Raw Juice: Lebih Sehat dan Langsing dengan ‘Kaldu’ Kehidupan  

Vegetable juiceTidak cuma fashion, kuliner dan kesehatan pun mengenal trend. Trend kesehatan, disebut juga health hype, datang dan pergi silih berganti. Tidak hanya menghasilkan pengikut fanatik tetapi juga produsen yang tersenyum riang atas keuntungan meningkat. Mungkin berlebihan kalau menghubungan health hype dengan industri kesehatan, tapi jujur saja bahwa kesehatan telah menjadi komoditi yang mampu menghasilkan banyak pemasukan. Dari cara lama seperti menakut-nakuti dengan berbagai penyakit mematikan hingga iming-iming bebas dari penyakit tertentu, badan lebih langsing, fit dan kulit cerah.

Salah satu health hype yang sedang trend saat ini adalah raw juice. Raw juice ini bukan buah-buahan belum matang yang kemudian dijus, tetapi proses mengeluarkan ‘sari’ buah dan sayuran dengan cara tertentu sehingga diklaim mampu menjaga nutrisi bahan makanan tersebut. Umumnya raw juice ini dihasilkan dengan alat ‘cold press juicer’, bukan blender. Konon dengan cold press juicer maka yang dihasilkan adalah saripati buah dan sayuran dengan nutrisi paling maksimal karena proses oksidasinya paling minim. Bedanya dengan blender, hasil perasan cold press juice tidak mengandung serat karena sudah dipisahkan. Alhasil lebih mudah diserap oleh tubuh dan organ pencernaan bisa ‘istirahat’ sehingga badan lebih sehat.

Apapun alasan dibalik konsumsi raw juice, yang musti diingat adalah tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Selain dapat menyebabkan kekurangan nutrisi yang sebenarnya dibutuhkan tubuh (seperti serat), kandungan gula pada jus buah biasanya juga cukup tinggi. Klaim bahwa raw juice bertindak seperti detoks bagi tubuh juga perlu dikritisi, karena sebenarnya tubuh sudah mempunyai organ detoks paling canggih sedunia yaitu ginjal dan hati. Jika ginjal dan hati rusak, maka raw juice sebanyak apapun tidak bisa menggantikan fungsinya.Yang paling penting adalah menjaga agar hati dan ginjal tetap sehat agar kinerjanya selalu prima. Yang perlu diperhatikan ketika membuat jus adalah, jus segar rentan kontaminasi mikroba, terutama jika disimpan untuk diminum nanti. Segera minum jus setelah dibuat.

Jika mengkonsumsi raw juice untuk menjadi langsing, bisa jadi Anda termakan rayuan gombal pelaku raw juice. Raw juice tidak akan membuat Anda langsing selama kalori yang masuk masih lebih besar daripada kalori keluar. Apalagi mengkonsumsi hanya raw juice, malah lebih berbahaya bagi tubuh, karena Anda kehilangan nutrisi penting dan Anda jadi kurang gizi.

Seperti halnya trend fashion, tidak apa-apa jika kita ingin mengikuti trend. Tapi diperlukan sikap kritis dan hati-hati agar tidak menjadi korban trend,tidak perlu juga memperlakukan trend seperti agama. Mengikuti trend itu tidak dosa kok.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.