Di Arab wanita jomblo dilarang masuk kedai

Kafe di Dammam, Arab Saudi, yang melarang wanita lajang tanpa ditemani pria • Foto: Al Hayat

Kafe di Dammam, Arab Saudi, yang melarang wanita lajang tanpa ditemani pria • Foto: Al Hayat

Sejumlah restoran melarang wanita lajang mengudap sendirian agar tak membuat pria tergoda. Larangan itu diprotes warga Arab modern.

Beritakabar.com | Ada beberapa resto dan di Dammam, Arab Saudi bagian timur, yang terlaporkan memasang rambu menghalau wanita lajang. Padahal Dammam adalah kota besar selain Jeddah, Mekkah, dan Madinah.

Dilaporkan oleh Saudi Gazette pekan lalu, The National Society for Human Rights (NSHR) telah meminta pemilik restoran mencopot larangan. Bagi NSHR, larangan itu ilegal karena bukan dari paraturan pemerintah melainkan kemauan para pemilik kedai. Kata Khalid Al-Fakhri, jubir NSHR, larangan itu mencerminkan pikiran juragan kedai.

Salah satu manajer resto berdalih bahwa larangan itu terpaksa dibuat karena ada sejummlah “insiden” sebagai akibat pria-pria pengunjung tergoda oleh wanita lajang.

“Kami hanya akan mencopot setelah yakin tak ada insiden lagi karena peristiwa macam itu merugikan bisnis kami,” kata sang manajer.

Lama Sulaiman, seorang wanita setempat, mengatakan resto dan kafe adalah sarana rekreasi bagi wanita. Sudah sepantasnya resto yang melarang wanita lajang itu diboikot oleh semua warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.