Aburizal Bakrie diperkirakan berjaya di Munas IX Partai Golkar

MUnasMunas Partai Golkar ke IX di Hotel Westin, kawasan Nusa Dua Bali masih menyelimuti misteri bagaimana kelak Partai ini paska kemelut. Hampitr dipastikan Aburizal Bakrie akan melenggang menjadi Ketua Umum periode 2014 – 2019. Para pesaingnya, hanya Airlangga Hartarto seorang. Dengan kekuatan dan dukungan finansial kelompok ARB, hampir mustahil Airlangga bisa mengalahkan dalam bursa ketum.

Dalam twitnya, Airlangga Hartarto yang merupakan putra mantan Menterisenior jaman Soeharto mengungkapkan adanya kejanggalan yang dilakukan panitia Munas untuk menjegal pesaing ARB. Namun ia tetap akan mengikuti proses pemilihan ketua umum Partai Golkar melalui mekanisme Munas.

ARB secara tersirat didukung oleh Ketua Dewan Pertimbangan, Akbar Tanjung, plus tambahan dukungan dari kandidat calon lainnya, MS Hidayat yang tiba tiba mengundurkan diri dan meminta pendukungnya untuk memilih ARB. Akbar Tanjung sampai berita ini dibuat masih sibuk berusaha mendamaikan kubu ARB dan Agung Laksono.

Disisi lain para penentang ARB yang tergabung dalam Presidium penyelamat Partai seperti Agung Laksono, Priyo Budi Santoso, Agun Gunanjar, Yorrys Raweyai, Agus Gumiwang Kartasasmita dll masih berkutat dengan wacana menggelar Munas tandingan pada bulan Januari 2015. Agung Laksono memang hadir di Bali, dan tinggal di hotel yang dirahasiakan. Berbeda dengan Priyo Budi Santoso yang sempat datang ke arena Munas, dan diusir oleh panitia karena dianggap sebagai pengkhianat.

Munas ini memang tergolong istimewa, karena sama sekali tidak dihadiri oleh Menteri Menteri atau Pejabat dalam Pemerintahan Jokowi. Ini sekaligus menegaskan posisi Partai Golkar sebagai partai oposisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.