Nasi Jamblang

jamblang1Perjalanan ke Cirebon tidak lengkap kalau tidak mencicipi kuliner Nasi Jamblang. Nasi jamblang menggunakan daun jati sebagai pembungkusnya dan biasa disajikan secara prasmanan. Berbagai jenis lauk pauk seperti, ayam goreng, cumi asin, sayur kangkung, tahu. Tempe, sambal goreng, tahu sayur, paru-paru, semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar/telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin.

Sejarah Nasi Jamblang ( Sega Jamblang ) pada awalnya diperuntukan bagi para pekerja paksa pada zaman Belanda yang sedang membangun jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan yang melewati wilayah Kabupaten Cirebon.

jamblangSega Jamblang saat itu dibungkus dengan daun jati, mengingat bila dibungkus dengan daun pisang kurang tahan lama sedangkan jika dengan daun jati bisa tahan lama dan tetap terasa pulen. Hal ini karena daun jati memiliki pori-pori yang membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

Lauk pauk yang tersedia umumnya rasanya tidak terlalu luar biasa, sebagaimana pada umumnya. Alas daun jati yang membuat sensai yang berbeda. Tentu saja dengan tangan.
Dengan menu yang beraneka raga mini, memang terasa keunikan menyantap makanan beralasan daun jati. Ini sekaligus simbol daur ulang dari alam. Mengingat kehidupan modern saat ini penggunaan Styrofoam, plastic sebagai alas tempat makanan sangat tidak ramah lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.