Orthorexia: Maunya Diet Sehat Malah Jadi Malnutrisi  

orthorexia image

Jordan Jordan adalah food blogger penganut vegan dan menjalani gaya hidup sehat, malah teramat sehat. Tetapi suatu ketika Jordan berpaling dari gaya hidup yang dijalaninya cukup lama tersebut. Alasannya adalah karena ia menderita malnutrisi akibat pola makan ‘sehat’ yang sangat ketat. Hah, kok bisa diet sehat malah jadi tidak sehat? Gangguan yang dialami Jordan disebut orthorexia, gangguan prilaku makan atau eating disorder dimana penderita terobsesi dengan menu makannya, apakah sudah cukup sehat. Selain itu penderita biasanya sangat pemilih dengan makanan yang dia santap, apalagi kalau tidak memenuhi kriteria makanan sehat.

Awal mula Jordan menjalani diet tertentu karena dia menderita gangguan pencernaan cukup parah. Setelah menjalani diet clean eating, yaitu hanya makan makanan yang tidak diproses pabrik, bersumber dari petani lokal, cooking from scratch, tidak menggunakan penyedap dan perasa buatan, dsb. Selain itu Jordan juga menerapkan diet gluten free dan dairy free karena dia mengalami intoleransi laktosa dan alergi gluten. Setelah beberapa lama menjalani dietnya tersebut, gangguan pencernaannya sembuh dan Jordan sudah bisa beraktivitas tanpa diganggu keluhan fisik. Tapi Jordan tidak berhenti sampai situ, pelahan Jordan mulai terobsesi dengan makanan sehat. Dia mulai menjauhi daging, lemak, makanan mengandung tepung, bahkan buah-buahan tertentu karena dia percaya buah tersebut tidak sehat.

broccoli_evolution-1Obsesinya terhadap makanan sehat sudah di tahap cukup parah, hingga mengganggu kehidupan sosialnya. Jordan panik kalau traveling keluar kota tidak menemukan makanan sehat gluten free, dairy free, organik, dsb. Kalau ada pesta, Jordan juga panik karena dia tidak tahu asal makanannya, apakah bumbu-bumbunya organik, apakah sausnya bebas gula dan rendah garam, dll. Pikiran-pikiran tersebut terus menghantuinya, Jordan ketakutan kalau dia makan makanan yang “tidak sehat” akan membuat dirinya tidak sehat. Sehari-hari Jordan hanya minum raw juice, itupun tidak sembarang raw juice, Jordan akan memilih yang betul-betul organik, bebas gula, bebas olahan susu.  Berat badannya drop drastis dan badannya semakin lemah, tetapi bukannya mendengarkan kebutuhan tubuhnya, Jordan berpikir bahwa dia harus mencari makanan yang sehat yaitu yang rendah kalori, raw, dan banyak lagi listnya. Hingga suatu hari Jordan mendapatkan wake up call ketika tubuhnya nyaris tak bertenaga dan dokter mengatakan bahwa yang dibutuhkan tubuhnya adalah asupan kalori. Pengakuan Jordan bahwa gaya hidup sehatnya malah membuatnya celaka ditulis di blog pribadinya di sini dan di sini, termasuk pengakuan bahwa ia tidak lagi menganut pola makan vegan.

Menjalani hidup sehat termasuk menjaga pola makan memang tidak mudah, membutuhkan komitmen kuat dan konsisten menjalaninya. Sementara informasi mengenai fad diet bersliweran di internet dan majalah, tanpa pengetahuan nutrisi memadai bisa membahayakan kita. Seringkali kita memutuskan diet tertentu karena tergiur ingin langsing dengan cepat. Di lain pihak terutama penganut gaya hidup, diet tak ubahnya life style, jika tidak menjalani maka ketinggalan life style. Padahal fad diet mirip-mirip fashion, mengenal trend. Satu diet sedang trend, beberapa waktu mendatang popularitasnya akan memudar dan digantikan diet lain yang lebih hip. Tetapi jangan lantas apatis dan membebaskan pola makan sebebas-bebasnya. Menjalani diet pola makan sehat bagaimanapun lebih menguntungkan kesehatan daripada tidak. Terbukti dari banyak penelitian, mereka yang termasuk kaum health conscious memiliki kualitas hidup lebih baik daripada yang awareness-nya rendah. Yang penting ketika menetapkan hati menjaga pola makan, belajar mengenai nutrisi, konsultasi dengan ahlinya lebih baik, dan dengarkan apa yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Wahhhhh gawat juga kalo gini. Hidup ini serba medium aja ya Mbak, semuanya proporsional, pokoknya secukupnya demikian pula akan halnya dengan cinta asmara

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.