Tips Agar Vagina Sehat dan Segar  

Walau tersembunyi tidak seperti kulit wajah, sudah seharusnya perempuan merawat vaginanya. Sebenarnya vagina dapat membersihkan dirinya sendiri. Vagina tidak membutuhkan perawatan seperti spa vagina atau produk seperti sabun khusus vagina yang katanya dapat menjaga kesegaran vagina. Vagina yang sehat mempunyai kadar asam cukup untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik dan mengkontrol mikroorganisme merugikan. Bakteri baik yang disebut lactobacilus tersebut memproduksi lactic acid sehingga membuat vagina cukup asam, yaitu berkisar di pH 3,8 hingga 4,5. Jika pH lebih dari 4,5 maka keasaman vagina berkurang sehingga mikroorganisme dapat tumbuh tak terkontrol. Salah satu dampaknya adalah keputihan dan berbagai gangguan vagina lain.  Memakai sabun khusus atau menyabuni berlebihan area vagina dapat mempengaruhi pH normal dan membunuh bakteri baik. Bakteri baik dalam vagina juga merupakan bacteriocins atau antibiotik alami yang membantu vagina melawan infeksi dari bakteri merugikan. Penggunaan obat-obat antiobotik berlebihan dapat mempengaruhi bacteriocins tersebut.

Vagina yang sehat juga cukup lembab dan memproduksi semacam cairan untuk menjaga tetap lembab. Baunya seharusnya tidak tajam, jika terdapat perubahan aroma bisa jadi keseimbangan pH terganggu. Jadi kalau ada pendapat yang mengatakan vagina kering adalah vagina ideal karena memberikan kenikmatan lebih saat berhubungan, pendapat tersebut salah besar. Vagina kering malah merupakan indikasi/gejala vagina tidak dalam kondisi sehat.

Makanan yang kita makan dan gaya hidup kita juga mempengaruhi kondisi kesehatan vagina kita. Siklus hidup kita juga dapat mempengaruhi kondisi vagina, seperti menstruasi, hamil dan melahirkan, terutama keberlangsungan bakteri lactobacilus. Stress juga berpengaruh lho! Karena itu penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik sehingga menjaga keberlangsungan lactobacilus.

Jadi untuk menjaga kesehatan vagina, kuncinya terletak pada makanan yang dapat menjaga keseimbangan pH dan menjauhi makanan yang bisa mengganggu keseimbangannya. Contoh makanan yang bagus untuk keberlangsungan bakteri lactobacilus adalah yoghurt, kimchi, tempe, buah-buahan, sayuran dan banyak air putih. Kurangi konsumsi makanan yang mengganggu keseimbangan pH yaitu makanan mengandung gula tinggi, soda, dan alkohol.

Leave a Reply

Your email address will not be published.