Perempuan Ini Menginspirasi Sesamanya Dengan Kekurangannya  

PhotoGrid_1424161462711Di era yang masih sangat memuja penampilan fisik dan definisi cantik masih belum beranjak dari fisik sempurna, perempuan-perempuan ini mendobrak berhasil tabu. Secara fisik mereka mempunyai kekurangan, tetapi dengan kekurangannya tersebut mereka justru tampil menonjol dan mengajak perempuan untuk lebih menerima diri apa adanya.

  1. Jamie Brewer

Aktris kelahiran 1985 ini dikarunai Down Syndrome. Sejak anak-anak tertarik dengan dunia seni, khususnya seni peran. Debutnya di film dimulai tahun 2011 ketika ikut serta di serial TV laris American Horror Story,berakting sebagai anak tokoh utama (diperankan aktris senior Jessica Lange) yang diceritakan mengalami Down Syndrome. Keikutsertaannya menjadi model catwalk di New York Fashion Week 2015 berkat designer Carrie Hammer yang dalam konsep shownya di NYFW tersebut sengaja memakai orang-orang ‘biasa’ sebagai model alih-alih model profesional. Carrie Hammer menyebut Jamie Brewer dan beberapa model yang mengenakan desainnya bukan runway model tetapi role model untuk kaum perempuan, karena kekurangan yang dimiliki justru membuat mereka terus maju melawan keterbatasan.

  1. Chantelle Winnie

Dia adalah model pertama yang menderita vitiligo, semacam kelainan pada kulit yang membuat kulit jadi belang-belang.Debutnya di dunia fashion dimulai sejak ada seleb Youtube yang tertarik dengan kondisinya dan memintanya jadi model videonya. Kemudian keikutertaannya di reality show American Next Top Model semakin membuatnya dikenal (walau tidak jadi pemenang). Sejak saat itu dia laris manis sebagai model dan menjadi langganan designer papan atas hingga model video klip berkat kondisi kulitnya yang ‘abnormal’. Pada waktu masih sekolah, Winnie dibully teman-temannya dan diejek sebagai sapi, sekarang setelah menjadi model dia dijuluki sebagai cheetah atau bahkan sapi yang sangat anggun.

  1. Marlee Matlin

Aktris kelahiran 1965 ini masih tampak cantik di usianya yang tak lagi muda. Matlin adalah satu-satunya aktris tuna rungu yang memenangkan Oscar sebagai peran utama. Tuli sejak usia 18 bulan, tidak menghalangi minatnya terhadap dunia akting. Oleh pencari bakat ia ditemukan saat sedang berakting untuk teater anak-anak dan akhirnya dia membintangi film Children of A Lesser God, yang memberinya piala Oscar. Setelah dewasa ia tetap aktif bermain peran di serial televisi laris seperti ER, Desperate Housewives, Law and Order SVU, dll.

  1. Viktoria Modesa

Penyanyi cantik dari Latvia ini hanya mempunyai satu kaki dan kaki yang lain digantikan oleh kaki prostetis/buatan. Mempunyai nama asli Viktorija Moskalova, ia kehilangan kaki kirinya akibat pinggang dan kakinya bermasalah. Setelah dioperasi hingga 15 kali sejak masih usia kanak-kanak, hingga akhirnya kakinya harus diamputasi pada saat ia beranjak remaja. Tetapi hal ini tidak menghalangi kepercayaan dirinya. Di usia 15 tahun ia telah berkarir sebagai model hingga akhirnya menjadi penyanyi pop.

Orang-orang dibalik industri film dan fashion berperan sangat penting dalam menyampaikan pesan ini (bahwa kecantikan sangat beragam, termasuk membuat perempuan lebih berdaya dan percaya diri). Orang-orang seperti Carrie Hammer, Tyra Banks, dll yang memberi kesempatan tampil dan menjadi role model membuat gaungnya lebih luas diterima masyarakat. Jadi memang butuh upaya dari kedua belah pihak, karena jujur saja selera dan definisi kecantikan yang berkembang di masyarakat, tak lepas dari peran industri.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.