Barang-barang di Supermarket Indonesia yang Bisa Bikin Turis Bule Tertegun

supermarketTuris Amerika yang sedang traveling ke China terkesima melihat barang-barang yang dijual di Walmart (chain supermarket asal Amerika) China. Menurutnya barang-barang tersebut hanya dijumpai di Walmart China dan tak ditemui di Walmart Amerika. Jadi Walmart melakukan penyesuaian dengan kultur setempat dan menjual barang-barang yang lazim terdapat di pasar tradisional China. Barang-barang tersebut di mata turis bule ternyata tampak aneh, tidak lazim bahkan mengerikan. Mengamati reaksi turis bule tersebut, ada kemungkinan supermarket chain internasional yang terdapat di Indonesia juga bisa membuat mereka tertegun dan heran. Beberapa hal yang bisa membuat orang Amerika terkejut kalau berkunjung ke supermarket Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Orang Amerika tidak terbiasa melihat beras dan biji-bijian dijual curah. Ketika mereka melihat beras/biji-bijian (misal kacang hijau) dan aneka krupuk dijual curah dan ditaruh di wadah, pengunjung bebas mengambil sendiri jumlah yang dimaui, mereka jijik membayangkan beras tersebut sudah dipegang ratusan tangan pengunjung dan terkontaminasi entah apa karena ditaruh begitu saja di ruang/tidak dibungkus. Mereka melihat hal tersebut tidak higienis.
2. Orang Amerika tidak terbiasa melihat variasi telur yang dijual berbarengan. Mereka takjub melihat ada telur asin, telur puyuh, telur bebek, selain telur ayam. Mereka terbiasa hanya melihat telur ayam.
3. Orang Amerika tidak terbiasa melihat ada aisle berisi full mie instan beraneka merk. Sebagai bangsa pengekspor mie instan terbesar, hal ini pasti biasa. Bahkan mereka baru tahu kalau mie instan adalah comfort food yang sangat lezat.
4. Orang Amerika tidak terbiasa melihat counter seafood dalam keadaan makhluk tersebut masih hidup, misal ikan mas, ikan gurameh, ikan patin, lele, dan sebagainya. Mereka shock kita bisa memilih bahan masakan tersebut dalam keadaan masih hidup dan ‘dibunuh’ saat itu juga di depan mata.
5. Orang Amerika tidak terbiasa mengkonsumsi jeroan dan bagian tubuh hewan seperti ceker ayam, cingur, lidah sapi. Karena itu mereka bengong melihat bagian tersebut di bagian daging.
6. Orang Amerika tidak terbiasa melihat strategi produsen promosi produk dengan cara banded, misal beli minyak goreng bonus jus buah, beli snicker bonus batre, dan sebagainya. Karena mereka melihat tidak ada hubungannya antara minyak goreng dan jus.
7. Orang Amerika tidak biasa melihat counter jual sayuran beku/nugget/sosis/dendeng curah. Selain heran dengan kesegarannya, menurut mereka juga kurang higienis.
8. Orang Amerika heran melihat daging ayam cemani.
9. Orang Amerika heran melihat semangka dijual utuh.
10. Sebebas-bebasnya orang Amerika terhadap seks, mereka heran melihat kondom ditaruh di dekat kasir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.