Perempuan Membutuhkan Tidur Lebih Lama Daripada Pria

Screenshot_2015-03-25-10-26-02

Jika Anda bangun pagi ini dan merasa lelah, depresi, moody dan gampang marah, lalu setelah cek kalender ternyata belum waktunya mendapat menstruasi, coba evaluasi jumlah jam tidur Anda.

Menurut penelitian Duke University tahun 2013 ternyata perempuan membutuhkan tidur lebih banyak daripada laki-laki. Selain itu disebutkan, dampak kurang tidur ternyata lebih mempengaruhi perempuan daripada laki-laki terutama untuk kesehatan.

 

Kurang tidur dan istirahat yang berkualitas selama ini memang berhubungan dengan kesehatan. Diketahui bahwa dampaknya tidak hanya mempengaruhi secara fisik, seperti kulit cepat menua dan meningkatnya resiko diabetes, jantung, stroke. Kurang tidur juga dapat berpengaruh terhadap kondisi mental, misal memperburuk stress dan depresi, kecemasan, dan gangguan neurotis lainnya.

 

Otak perempuan dan lelaki memang berbeda di beberapa bagian dan cara bekerjanya juga berbeda.  Otak perempuan cenderung lebih baik dalam melakukan multitasking. Hal ini mungkin karena sudah dibentuk ratusan ribu tahun, sejak prasejarah pembagian tugas, perempuan mendapat bagian yang mengharuskan untuk mengerjakan beberapa hal sementara pria fokus berburu. Kemudian ditambah peran sebagai ibu rumah tangga semakin mengasah kemampuan multitasking tersebut. Tak heran jika faktor ini membuat otak bekerja lebih “keras” sehingga membutuhkan jam istirahat lebih banyak daripada pria. Kebutuhan perempuan untuk mendapatkan jam tidur lebih juga tidak sampai jam-jaman, cukup 18-20 menit lebih lama.

 

Walau demikian, kenyataannya perempuan tak selalu bisa mendapatkan hak istimewa ini. Apalagi sebagai istri dan ibu yang tidur paling terakhir dan bangun paling awal untuk mengatur dan mengkoordinasi rumah seisinya. Sejak mempunyai bayi lahir, perempuan sudah terkondisi kurang tidur. Mungkin hal ini juga yang mempengaruhi mengapa perempuan cenderung beresiko terhadap alzheimer daripada laki-laki. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.