Mendahulukan Diskusi dan Musyawarah Mufakat Ala Ganjar Pranowo

Dahulukan Diskusi dan Musyawarah Mufakat

Dahulukan Diskusi dan Musyawarah Mufakat

Sanur, Bali – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir dalam Kongres IV PDI Perjuangan yang berlangsung di Sanur, Bali. Salah satu kader terbaik yang dilahirkan oleh PDI Perjuangan ini meminta semua pihak untuk selalu menjunjung tinggi nilai profesionalitas dan berpegang teguh pada konstitusi dan ideologi. PDI Perjuangan telah menemukan sosok Sekjen baru setelah Tjahyo Kumolo didaulat sebagai menteri dalam pemerintahan Jokowi-JK. Ditemui seusai pembukaan Kongres IV, Ganjar memaparkan beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh seorang Sekjen.

Sosok sekjen adalah sosok yang harus menjembatani banyak hal. Peran vital ini harus bisa dijalankan dengan seimbang dalam fungsinya untuk merangkai relasi antara partai politik dan pemegang kekuasaan karena sekarang PDI Perjuangan adalah partai pendukung pemerintahan. Sosok Sekjen baru yang sedang dicari harus dapat mengerti suara rakyat dari tingkat paling bawah. Masukan dari rakyat ini harus dimasukan dalam sebuah program partai untuk disampaikan kepada penanggung jawab yang dibidang legistalif, eksekutif dan juga pada tingkat struktural.

Dengan formula ini diharapkan semua rencana dan mimpi partai untuk bisa membuktikan kepada rakyat dengan hasil yang terbaik. Penerapan ini akan dapat menghilangkan sinisme partai yang sering kali dianggap terjebak antara fungsinya sebagai petugas atau sebagai wakil rakyat.  Ganjar yang direkomendaiskan oleh PDI Perjuangan sebagai Gubernur Jawa Tengah merefleksikan bahwa koordinasi dan konsolidasi yang kuat akan memberikan hasil yang maksimal. Maka ketika mandat sudah turun dan relawan mulai bergerak untuk menjalankan seluruh rangkaian strategi pemenangan, mereka mendapat jaminan bahwa relawan tidak pernah dilupakan atau ditinggalkan setelah tujuan tercapai.

Mimpi partai harus dibicarakan sebagai sebuah sikap dimana kita harus secara independen berdaulat. Menempuh segala macam cara agar sisi ekonomi, sosial kemasyarakat dan kebudayaan mampu didorong untuk mandiri. Ganjar mencontohkan Jawa Tengah sebagai daerah “lumbung padi” yang harus berdaulat pangan dan swasembada adalah hal mutlak yang harus terjadi pada tahun ini.

Seluruh elemen didorong untuk membantu bangsa Indonesia secara nasional untuk bisa menjalankan Tripilar khususnya pada bagian berkepribadian dalam berkebudayaan. Inti dari sebuah pengambilan keputusan dalam alam demokrasi kita adalah kemufakatan bersama. Maka sebaiknya dalam sebuah pengambilan keputusan untuk lebih mengedepankan diskusi dan musyawarah. “Jangan cepet cepat melakukan voting karena biasanya yang kalah akan meninggalkan luka” Pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.