Kehadiran Zulkifli Hasan dan Karangan Bunga dari Agung Laksono pada Kongres IV PDIP

artikel 1

Salah satu yang menarik dari Kongres PDI Perjuangan yang ditutup siang ini, Hari Sabtu, 10 April 2015 di Grand Inna Beach Bali. Kehadiran Ketua MPR Zulkifli Hasan yang juga merupakan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) cukup menarik perhatian. Selain itu, ada pula karangan bunga yang dikirimkan oleh Ketua Umum Partai Golkar versi Agung Laksono.

Kehadiran nama kedua orang ini memunculkan spekulasi tentang bertambahnya koalisi pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo dari kubu Koalisi Merah Putih. Namun Megawati sendiri tidak menegaskan secara langsung bahwa hal ini adalah pertanda merapatnya pihak KMP kepada KIH. “Tentu kalau mereka akan datang, kami selalu membuka diri yang penting ada persepsi yang sama bagi kami yang disebut KIH dan mereka yang disebut KMP,” jawab Megawati ketika dikonfirmasi tentang kemungkinan bertambahnya anggota koalisi KMP.

Zulkifli Hasan sendiri ketika dimintai keterangan mengenai kehadirannya pada Kongres IV PDI Perjuangan kemarin, beliau mengatakan hadir karena diundang oleh Ketua Umum PDI Perjuangan sebagai Ketua MPR RI. Dalam kesempatan ini Zulkifli menyatakan setuju dengan keinginan Megawati bahwa dalam pengambilan keputusan sebaiknya melalui musyawarah mufakat, bukanlah dengan menggunakan voting.

“Saya juga senang dengan apa yang ditulis media hari ini tetang statement PDIP dan Ibu Megawati yang mengutamakan musyawarah mufakat daripada voting. Saya sangat setuju itu. Itu bukan budaya kita,” tutur Zulkifli.

Leave a Reply

Your email address will not be published.