Dua Kebiasaan Makhluk Mars Yang Bisa Ditiru Kaum Venus

John Gray bilang, laki-laki berasal dari Planet Mars sedangkan perempuan berasal dari Planet Venus. Mereka bertemu di bumi dan tinggal tetapi masih membawa kebiasaan dari planet asal mereka. Kiasan ini untuk menggambarkan betapa komunikasi antar lelaki dan perempuan selalu terdapat letupan. Masing-masing mempunyai cara berpikir, merasa, melihat suatu permasalahan dan akhirnya berpengaruh ke perilaku.

Contoh, sering tidak perempuan mengalami kekesalan ketika curhat kepada pasangannya. Ketika perempuan sedang bete dan galau, ia curhat panjang lebar kepada pasangannya tetapi seringkali mendapat respon yang malah bikin tambah bete. Bukannya jadi lebih enteng setelah curhat tetapi malah tambah bete karena tidak sungguh-sungguh didengarkan. Selain itu ketika ia menceritakan perasaannya, pasangannya mengabaikan perasaannya tersebut, menggampangkan dan langsung memberi solusi. 

Sekesal-kesalnya kaum Venus terhadap kebiasaan makhluk Mars, tetapi beberapa cara berpikir dan bersikap mereka boleh ditiru lho, agar hidup kita lebih simpel dan ga ribet. Apa saja kebiasaan mereka yang patut ditiru?

  1. Fokus pada solusi

Ketika kita sedang kesal dan bete, ciri khas kita adalah fokus pada perasaan kesal, sedih, sebal tersebut. Ketika kita curhat, sebenarnya kita lebih ingin didengarkan karena kita sudah tahu apa yang harus dilakukan. Hal ini tidak masalah, tetapi ketika kita terus berada di masalah yang sama dan kita curhat untuk hal yang sama berulang-ulang, sudah saatnya introspeksi, apakah sudah saatnya fokus pada solusi jika kita memang ingin jalan keluar. Kalau kita sudah tahu solusinya tapi kita masih banyak pertimbangan (yah ini juga khas kaum Venus), Keep It Simple a la Mars. Berat memang untuk yang tidak terbiasa, tapi ada kalanya cara Mars harus dipakai.

  1. Masuk ke gua ketika sedang stress

Kaum Mars ketika sedang bermasalah, biasanya menjauh dan menyendiri, dibanding kaum Venus yang langsung menumpahkan uneg-unegnya. Share ke teman memang baik, tetapi adakalanya kita perlu menahan diri dulu. Pertama, agar kita lebih tenang dan mengendapkan pikiran, agar tak dikendalikan emosi. Kedua, ketika kita langsung cerita biasanya kurang bisa memfilter kata-kata yang akan keluar. Ketiga, dengan mengambil jarak pada masalah, biasanya kita dapat bersikap lebih obyektif.

 

Jadi meski cara kaum Mars seringkali menyebalkan tetapi tak ada salahnya kita tiru dua kebiasaan mereka. Kebiasaan Venus pun adakalanya perlu diadopsi kaum Mars agar mereka sedikit lebih peka dan empati.

Leave a Reply

Your email address will not be published.