Superfood Lokal Di Bawah Sepuluh Ribu, Super Sehat dan Kaya Manfaat

PhotoGrid_1429585992583

Memasak makanan sehat identik dengan bahan-bahan mahal? Mungkin karena Anda terlalu sering buka-buka Pinterest dan Instagram. Kalau Buzzfeed pernah memuat artikel makanan lezat yang bisa dimasak walau kondisi keuangan bangkrut, kali ini coba diulas bagaimana cara menyajikan masakan sehat, lezat walau suami telat gajian. Dijamin kantong Anda tidak bolong.

1. Tempe
Percaya tidak, di tukang sayur tempe seukuran 15x8x3 cm cukup 2 ribu saja, bisa untuk makan 4 orang. Digoreng begitu saja, dioseng, dimasak santan seperti lodeh atau santan pedas hingga dibikin nugget, very versatile. Sehatnya jelas, bahkan orang bule saja tergila-gila tempe, dan seperempat kilo tempe konon lebih mahal daripada daging dengan berat sama.

2. Cuciwis
Cuciwis seplastik besar kira-kira seperempat kilo, cukup 3 ribu rupiah saja. Dimasak oseng-oseng bisa semangkok besar cukup untuk 5-8 orang. Tinggi serat, warna hijau tua menunjukkan kaya kalsium dan mineral penting lainnya. Rasanya krius-krius lezat dan renyah.

3. Taoge
Seperempat taoge cukup 2 ribu saja. Diolah tumis, kalau ada ikan teri bisa ditambahkan. Tapi polosan aja udah enak ban

4. Kangkung 
Seikat kangkung cukup seribu-2 ribu. Proses memasaknya cukup sebentar saja, tumis kurang dari lima menit, atau kalau dimasukkan ke masakan berkuah, cemplungkan ketika sudah mendidih dan langsung matikan kompor. Karena kangkung sangat mudah matang dan kalau over cooked kurang begitu cantik penampakannya.

5. Ceker ayam
Seperempat kilo 7500 rupiah sudah dapat cukup banyak lho, cukup untuk makan 4 orang. Kalau suka bisa dimasak pedas manis atau soto ceker. Kaya protein dan kolagen, jadi siapa bilang sumber protein itu mahal.

6. Kulit melinjo tua
Tidak semua pasar/tukang sayur menjualnya, tetapi kalau ada, kulit melinjo tua berwarna merah ini enak banget. Bisa jadi campuran sayur lodeh, sayur asem atau dioseng. Kaya protein, mengandung antioksidan dan tinggi serat. Cukup dengan 3 ribu sudah bisa bawa pulang untuk diolah.

7. Pare
Setengah kilo pare (berisi kurang lebih 3 buah pare berukuran sedang) cukup 4 ribu saja. semangkok oseng pare untuk 2-3 orang bisa dibuat dari 1 buah pare saja lho, jadi setengah kilo pare bisa untuk 2-3 kali masakan. Kandungan giginya pun super, kaya antioksidan lebih tinggi daripada brokoli. Khasiatnya bisa memperbaiki gangguan pencernaan dari bayi hingga dewasa, memberantas nyamuk demam berdarah dan lain-lain.

8. Jamur tiram, daun singkong, daun pepaya dan masih banyak sayuran dan sumber protein lain yang harganya cukup murah, relatif terjangkau dan kaya manfaat.

Kuncinya adalah di mana bisa mendapatkan bahan sayur mayur tersebut dengan harga murah. Umumnya Anda bisa mendapatkan harga paling murah di pasar dan mamang sayur. Jika sudah masuk supermarket tentu saja lebih mahal. Yang jelas, bahan makanan sehat tak melulu mahal dan impor. Kalau memang mengejar kesehatan, maka bisa didapatkan di pasar terdekat. Beruntunglah masyarakat Indonesia, sayur melimpah dengan harga murah. Jadi walau sedang tongpes, Anda masih bisa upload foto-foto masakan sehat yang vegan friendly, gluten free, termasuk superfood dan eksotis di akun Instagram Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.